FK-KMK Meluncurkan Buku Kesehatan Jiwa

FK-KMK UGM.  Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM meluncurkan buku:”Jiwa Sehat Negara Kuat: Masa Depan Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia,” Kamis (15/8) di gedung Auditorium.

Jiwa Sehat Negara Kuat, merupakan sebuah buku yang berupaya mengangkat gagasan-gagasan inovatif terkait layanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Selain itu, buku tersebut juga mengulas mengenai peran dan regulasi kesehatan jiwa di Indonesia mulai dari kementrian kesehatan, rumah sakit jiwa dan rumah sakit umum, pusat kesehatan mental dalam penelitian, serta tantangan implementasi dukungan pemerintah dalam kesehatan jiwa.

Buku tersebut juga mengulas mengenai apasaja yang telah dan sedang dilakukan, serta tantangan yang akan dihadapi oleh tenaga kesehatan jiwa. Harapannya buku ini mampu menjadi panduan praktis dalam pengelolaan kesehatan jiwa berbasis masyarakat, termasuk menekan masalah dan hambatan yang ada, demi kemajuan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Apa sebenarnya jiwa sehat negara kuat ini baik untuk dilihat untuk membumikan pemikiran mengenai tata laksana kesehatan jiwa. Seperti halnya sebuah data yang menunjukkan bahwa 13,28 persen remaja di DKI Jakarta memiliki potensi ide-ide bunung diri. Peran kesehatan jiwa ada di sini, bahwa agar hal tersebut tidak menjadi kenyataan,” papar Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, yang juga menjadi salah satu penulis buku.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan peluncuran buku tersebut di antaranya adalah: Prof. Hans Pols; Dr. dr. Carla R. Machira, Sp.KJ(K); Prof. Byron Good; Prof. Mary Jo DelViecchio Good; Prof. Subandi, PhD; Diana Setyawati, PhD; Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ; dan Bagus Utomo, S.S. (Wiwin/IRO)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.